Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Mengupas KRI Usman Harun dan Senjata Canggih Apa saja yang Disematkan di Dalamnya

Tuesday, October 13, 2015, 3:23:00 AM WIB Last Updated 2015-11-05T22:50:38Z
KRI Usman Harun 359 sudah resmi dioperasikan TNI Angkatan Laut Meski beberapa waktu lalu sempat diprotes Oleh negara tetangga (Singapura) terkait penamaan kapal tersebut, namun Indonesia tegas-tegas tak mau mengubah nama itu. 


Singapura memang menganggap Usman dan Harun sebagai teroris. Namun tidak bagi Indonesia, kedua prajurit Korps Komando Operasi (KKO-sekarang marinir) itu adalah pahlawan nasional. Namanya sangat layak diabadikan.

Nah sudah tau kah pembaca Senjata Canggih Apa saja yang Disematkan pada KRI Usman Harun? Berikut ulasannya :

Kapal buatan BAE System Maritime-Naval Ships, Inggris, ini dilengkapi dengan misil MBDA Exocet Block II anti-ship serta VL MICA antiair.

Senjata Canggih KRI Usman Harun

Misil Exocet mampu melesat hingga 72 km dengan kecepatan 1,134 km per jam. Sedangkan, VL Mica mampu melesat hingga 80 km dengan  ketinggian 30 ribu kaki, untuk segala jenis ancaman udara. VL Mica memiliki hulu ledak 12 kg dan berkemampuan fire and forget.
Senjata Canggih KRI Usman Harun
Kapal perang kelas korvet dengan bobot 1.940 ton ini juga dilangkapi meriam Oto Melara 76mm sebagai pertahanan. Meriam ini dapat digunakan sebagai pertahanan atas tembakan kapal lawan dan menargetkan serangan udara. Terpasang di dek bagian depan. Senjata ini mampu menembakkan 110 butir amunisi dengan jarak tembak sejauh 16 km. Terdapat juga dua peluncur torpedo triple tube kaliber 324mm.
Dari jenis senjata yang disebutkan tadi, semua sudah bukan barang baru bagi awak kapal tempur TNI AL, kecuali satu, yaitu rudal anti serangan udara Mica. Alasannya jelas, bahwa seumur-umur SAM VLS belum pernah digunakan TNI AL.
Keunggulan lainnya, kapal ini memiliki sensor dan radar jammer yang lihai memantau pergerakan kapal musuh. Thales Sensors Cutlass 242 dan Scorpion radar jammer ini mampu mencegah serangan dari kapal musuh.
Sebagai alat penggerak, kapal ini dilengkapi empat mesin MAN 20 RK270 yang dipasang di kedua sisi kapal. Sehingga, kapal ini mampu melesat dengan kecepatan hingga 30 knot.
Refernsi : roda2blog/Wikipedia
ADVERTISE

Komentar

Tampilkan


  • Mengupas KRI Usman Harun dan Senjata Canggih Apa saja yang Disematkan di Dalamnya
  • 0

Terkini


Topik Populer

Iklan