Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Megenal Jet Tempur Sukhoi Su-47 Berkut Rusia

Friday, October 16, 2015, 11:41:00 AM WIB Last Updated 2016-04-22T20:59:18Z
Sukhoi Su-47 Berkut juga dirancang sebagai S-32 dan S-37 selama pengembangan awal, merupakan pesawat tempur supersonik yang dikembangkan oleh Sukhoi. Fitur pembeda pesawat ini adalah sayap penyapu depan, serupa dengan LL-3 milik Tsybin, yang memberikan pesawat ini kelincahan yang menakjubkan. 


Megenal Jet Tempur Sukhoi Su-47 Berkut Rusia

Dan pada saat produksi jenis ini tidak diwujudkan, satu-satunya pesawat yang diproduksi digunakan sebagai purwarupa peraga teknologi untuk sejumlah teknologi canggih yang kemudian digunakan di dalam pesawat tempur generasi 4.5 Sukhoi Su-35 Flanker-E dan purwarupa pesawat tempur terkini Rusia generasi ke-5 Sukhoi T-50 PAK FA

Mulanya dikenali sebagai S-37, Sukhoi merancang-ulang pesawat percobaan canggihnya sebagai Su-47 pada tahun 2002. Secara resmi dijuluki Berkut (Elang Emas), Su-47 mulanya dibuat sebagai pesawat uji coba utama Russia untuk bahan-bahan komposit dan sistem kendali fly-by-wire yang mutakhir.

TsAGI telah lama menyadari keunggulan sayap penyapu depan, dengan penelitian yang menyertakan pengembangan Tsibin LL dan pengkajian Junkers Ju 287 yang berhasil ditangkap pada dasawarsa 1940-an. 


Sayap penyapu depan menghasilkan koefisien angkat maksimum yang lebih besar, momen lentur yang lebih kecil, dan delayed stall jika dibandingkan dengan bentuk sayap yang lebih tradisional. Ketika serangan bersudut besar dilakukan, ujung-ujung sayap yang tidak tergerai memungkinkan pesawat menahan kemudi guling. 

Sebaliknya, sapuan ke depan secara geometris menghasilkan sudut datang sayap bagian luar yang lebih besar ketika sayap menekuk di bawah muatan. Hasilnya adalah daya angkat menjadi lebih besar, daya muat lebih massif, sudut datang lebih besar, dan seterusnya. Sayap akan cenderung mengalami kegagalan secara struktural pada laju rendah dibandingkan sayap lurus atau sayap buritan. 

Kelemahan sayap penyapu depan ini diatasi dengan menjadikannya memuntir ke arah bawah karena mereka (sayap lurus dan sayap buritan) menekuk ke atas. Bagian ini terbuat dari bahan komposit seperti pada Su-37, tetapi dapat juga diganti oleh bahan konvensional.

Projek ini diluncurkan pada 1983 sebagai pesanan dari Angkatan Udara Uni Soviet. Tetapi ketika Uni Soviet bubar, pendanaan menjadi terhenti dan pengembangan pesawat ini hanya berlanjut dengan swadana Sukhoi. Seperti saingan setaranya asal Amerika Serikat, Grumman X-29, Sukhoi Su-47 Berkut pada dasarnya merupakan peraga teknologi untuk pesawat tempur Rusia masa depan. Tetapi, Sukhoi kini berupaya memasarkan Su-47 kepada militer Rusia dan konsumen luar negeri sebagai wujud dari hak aslinya.

Su-47 memiliki ukuran yang sama dengan pesawat tempur Sukhoi sebelumnya, seperti Su-35. Untuk mengurangi biaya pengembangan, Su-47 meminjam badan pesawat bagian depan, ekor tegak, dan persneling pendaratan Sukhoi Su-27 Flanker. Meskipun demikian, pesawat ini menyertakan fitur pengenal radar yang diturunkan dayanya (termasuk bahan penyerap gelombang radar), lekukan senjata bagian dalam, dan ruang diatur lebih ke samping untuk radar yang lebih canggih. 


Meskipun secara konseptual seluruhnya serupa dengan pesawat penelitian Grumman X-29 asal Amerika Serikat dari dasawarsa 1980-an, Su-47 berukuran dua kali lipatnya dan lebih mendekati pesawat tempur sebenarnya dibandingkan dengan rancangan Amerika Serikat.

Untuk mengatasi masalah pemuntiran sayap, Su-47 menggunakan bahan komposit yang disesuaikan secara seksama untuk menahan pemuntiran sambil mengizinkan sayap menekuk untuk memperbaiki perilaku aerodinamik. Karena bentang sayapnya relatif lebar, Su-47 diperlengkapi dengan sayap yang dapat melipat untuk menyesuaikan diri dengan hanggar dalam Rusia.

Seperti pendahulunya, Su-37, Su-47 memiliki tampilan tripel-tandem, dengan kanard di depan sayap dan ekor pesawat. Menariknya, Su-47 memiliki dua tiang-ekor yang panjangnya tidak sama di luar moncong pembuangan. Tiang yang lebih pendek, di sisi kiri, menjadi tempat bagi radar yang mengarah ke belakang, sedangkan tiang yang lebih panjang menjadi tempat bagi parasut rem.


Su-47 memiliki kelincahan yang sangat baik pada laju yang lebih kecil daripada laju suara, memungkinkan pesawat ini mengubah-ubah sudut sergapnya dan juga lintasan terbangnya secara cepat sambil mempertahankan kemampuan bermanuvernya pada penerbangan supersonik. Su-47 memiliki laju tertinggi pada Mach 1,6 di ketinggian dan juga berkemampuan 9g.


Pesawat ini disebut-sebut sebagai puncak pesawat tempur dengan sayap maju. Dengan kecepatan tertinggi mendekati Mach 2 dan memiliki tingkat manuver yang dahysat, menjadikan pesawat lain terlihat lamban jika diperbandingkan dengannya. Berkut akan menjadi master tak terbantahkan dalam pertempuran udara satu -satu.

Spesifikasi Jet Tempur Eksperimental Sukhoi Su-47 Berkut

Karakteristik umum
  • Kru : 1
  • Panjang : 22,6 m
  • Lebar sayap : 15,16 m
  • Tinggi : 6,3 m
  • Luas sayap : 61,87 m²
  • Bobot kosong : 16.375 kg
  • Bobot terisi : 25.000 kg
  • Bobot maksimum lepas landas : 35.000 kg
  • Mesin : 2 unit Lyulka AL-37FU (Rancangan), pada prototype menggunakan 2 unit Aviadvigatel D-30F6
    • Dorongan kering : masing-masing berdaya dorong 83,4 kN
    • Dorongan dengan pembakar lanjut : masing-masing berdaya dorong 142,2 kN
  • Thrust vectoring : ±20° at 30° per detik
Kinerja
  • Kecepatan Maksimum : Mach 1,6 (1.717 km/jam, 1.066 mph). Menurut rancangan, kecepatannya bisa mencapai 2.710 km/jam.
  • Kecepatan Jelajah : Pada rancangan, 1.800 km/jam jika menggunakan dorongan kering dan 2.650 km/jam menggunakan pembakaran lanjut
  • Jarak Jangkau : 3.300 km
  • Batas Ketinggian Penerbangan : 18.000 m
  • Laju Panjat : 233 m/detik
  • Beban Sayap : 360 kg/m²
  • Rasio Dorongan dan Berat : 1,16 (bermuatan) / 1,77 (tanpa muatan)
Persenjataan
  • Cannon : 1 unit GSh-30-1 kaliber 30 mm dengan 150 putaran
  • Peluru Kendali :
    • Udara-ke-Udara : R-77, R-77PD, R-73, K-74
    • Udara-ke-Permukaan : X-29T, X-29L, X-59M, X-31P, X-31A, KAB-500, KAB-1500
wikipedia.org 

Berikut video nya :




Megenal Jet Tempur Sukhoi Su-47 Berkut Rusia
tags : wallpaper pesawat tempur 2016, pesawat pembom buatan rusia, pesawat tempur rusia vs as, pesawat pengebom rusia saingan b2 amerika, pesawat pembom nuklir rusia, jumplah pesawat tempur tusia, rusia luncurkan pesawat tempur baru, pesawat tempur sukhoi su 47, arteleri rusia, pesawat andalan rusia dan india, daftar pesawat pembom usa, jenis pesawat pegebom terbaru, pesawat tempur buatan indonesia
ADVERTISE

Komentar

Tampilkan


  • Megenal Jet Tempur Sukhoi Su-47 Berkut Rusia
  • 0

Terkini


Topik Populer

Iklan