Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Jet Tempur Canggih F-35 AS Jadi Cibiran Karena Dinilai Kalah dari Su-27 Rusia

Thursday, October 15, 2015, 2:55:00 PM WIB Last Updated 2015-10-17T21:16:34Z
WASHINGTON - Pesawat jet tempur tercanggih Amerika Serikat (AS), F-35, jadi bahan olok-olokan karena dinilai kalah bersaing dengan pesawat jet tempur Rusia, Su-27 dan Mig-29. Padahal F-35 yang juga dikenal sebagai Joint Strike Fighter merupakan hasil program senjata termahal Pentagon.


F-35 Jet tempur tercanggih Amerika Serikat
F35 VS SU-27
Pesawat jet tempur F-35 yang dibangun dengan perkiraan biaya US$ 1,4 triliun (dolar AS) merupakan pesawat jet tempur serbaguna generasi ke-5. Pesawat itu bahkan digadang-gadang sebagai tulang punggung kekuatan udara AS untuk beberapa dekade yang akan datang dan jadi bagian penting dari kemapuan pertahanan AS.
F-35 Jet tempur tercanggih Amerika Serikat
F35 USA
Tapi, karakteristik kinerja dari pesawat tercanggih AS itu dianggap lebih rendah dibanding pesawat jet tempur generasi ke-4 yang digunakan oleh Rusia dan China. 

Sebuah laporan yang dirilis pekan ini oleh lembaga think-thank AS, National Security Network (NSN), ada empat kelemahan utama F-35. Yakni, manuvernya miskin yang membuatnya rentan dalam serangan dogfights, kapasitas muatan internal kecil, jangkauan operasional pendek dan masih ketergantungan pada teknologi siluman untuk survivability.

”F-35 akan menemukan (bukti) sendiri untuk dikalahkan, soal persenjataan, soal di luar jangkauan, dan masih terlihat oleh sensor musuh,” kata analis kebijakan NSN, Bill French. 

”Ke depan, investasi penuh dalam F-35 akan menempatkan taruhan buruk triliun dolar pada masa depan kekuatan udara (AS) berdasarkan asumsi kecacatan dan kinerja buruk dari pesawat itu,” lanjut dia, seperti dilansir Russia Today, semalam (14/8/2015).

”Untuk menghindari hal-hal buruk seperti bencana, Kongres dan DOD (Departemen Pertahanan) harus memulai proses guna mempertimbangkan alternatif untuk F-35. Ini mungkin sia-sia untuk bertaruh secara besar dari kekuatan udara Amerika dengan biaya besar dan risiko yang tidak perlu bagi kehidupan Amerika,” ujarnya.

Dalam laporannya, NSN membandingkan F-35 dengan pesawat jet tempur buatan Rusia, seperti Mig-29 dan Su-27, juga pesawat jet tempur produksi China. NSN mengklaim ada kekurangan dari pesawat tempur AS.

”Dibandingkan dengan Su-27 dan MiG-29, F-35 terlalu rendah dalam hal beban sayap (kecuali untuk F-35C), percepatan transonik, dan dorongan berat. Semua varian F-35 juga memiliki kecepatan maksimum yang secara signifikan lebih rendah,” bunyi laporan NSN.

source: http://international.sindonews.com
ADVERTISE

Komentar

Tampilkan


  • Jet Tempur Canggih F-35 AS Jadi Cibiran Karena Dinilai Kalah dari Su-27 Rusia
  • 0

Terkini


Topik Populer

Iklan